Training Design UI/UX

Desain UI/UX (User Interface/User Experience) bertujuan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang optimal melalui antarmuka digital. Latar belakangnya berasal dari kebutuhan untuk membuat interaksi antara pengguna dan perangkat digital lebih intuitif dan menyenangkan. UI, atau antarmuka pengguna, berfokus pada elemen visual dan interaktif seperti tombol, ikon, dan tata letak, memastikan bahwa antarmuka tidak hanya menarik tetapi juga mudah dinavigasi. Di sisi lain, UX mencakup keseluruhan pengalaman pengguna dengan produk, termasuk bagaimana mudahnya mereka menggunakan aplikasi dan seberapa memuaskan pengalaman tersebut.


Desain UI/UX dimulai dengan penelitian tentang perilaku dan kebutuhan pengguna untuk memahami apa yang mereka cari dalam sebuah aplikasi atau situs web. Berdasarkan temuan ini, desainer akan membuat wireframe dan prototipe yang menggambarkan bagaimana antarmuka akan terlihat dan berfungsi. Selama proses ini, tes kegunaan dilakukan untuk memastikan bahwa produk mudah digunakan dan memenuhi ekspektasi pengguna. Dengan desain UI/UX yang baik, produk tidak hanya berfungsi dengan baik tetapi juga memberikan pengalaman yang menyenangkan, yang dapat meningkatkan kepuasan pengguna dan keberhasilan produk di pasar.
Pelatihan Design UI/UX merupakan turunan dari ilmu tekonlogi dan desain. Pelatihan ini cocok bagi berbagai profesi seperti, Desainer UI/UX, Desainer Grafis, Pengembang Web dan Aplikasi, Manajer Produk, Manajer Produk, Peneliti Pengguna, Pemasar Digital, dll.

Deskripsi Pelatihan 

Pelatihan desain UI/UX dirancang untuk meningkatkan kemampuan dalam menciptakan antarmuka dan pengalaman pengguna yang efektif dan menyenangkan. Ini adalah kesempatan untuk mempelajari bagaimana menggabungkan estetika, fungsi, dan psikologi pengguna dalam desain produk digital. Mengikuti pelatihan ini memberikan beberapa keuntungan penting. Pertama, pelatihan ini membantu memahami prinsip-prinsip dasar desain yang memastikan bahwa antarmuka yang dibuat tidak hanya menarik secara visual tetapi juga mudah digunakan. Kedua, pelatihan ini mengajarkan teknik-teknik penelitian dan pengujian yang penting untuk memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan produk. Ini mencakup cara melakukan penelitian pengguna, menganalisis hasil, dan menerapkan wawasan tersebut untuk meningkatkan desain. Ketiga, pelatihan ini membantu dalam mengembangkan keterampilan praktis melalui studi kasus dan proyek nyata. Selain itu, pelatihan desain UI/UX membantu meningkatkan daya saing di pasar kerja. Dalam industri yang semakin kompetitif, memiliki keterampilan dalam desain UI/UX dapat membuat lebih menonjol dan memenuhi kebutuhan perusahaan yang ingin menciptakan produk digital yang unggul dan efektif.

Materi Pelatihan

  1. Pengenalan UI/UX:
  • Definisi dan konsep dasar UI dan UX.
  • Perbedaan antara desain UI dan UX serta bagaimana keduanya saling berhubungan.
  • Pentingnya desain UI/UX dalam pengembangan produk digital.
  1. Prinsip Desain UI:
  • Teori warna dan tipografi.
  • Tata letak dan hierarki visual.
  • Desain responsif dan adaptif.
  • Elemen antarmuka seperti tombol, ikon, dan menu.
  1. Prinsip Desain UX:
  • Psikologi pengguna dan perilaku pengguna.
  • Alur pengguna (user flow) dan peta situs (site map).
  • Skema navigasi dan struktur informasi.
  • Konsep kemudahan penggunaan (usability) dan pengalaman pengguna (user experience).
  1. Penelitian Pengguna:
  • Metode penelitian pengguna seperti survei, wawancara, dan observasi.
  • Persona dan perjalanan pengguna (user journey mapping).
  • Analisis data penelitian dan penerapan wawasan ke dalam desain
  1. Wireframing dan Prototyping:
  • Teknik wireframing untuk merancang kerangka antarmuka.
  • Penggunaan alat prototyping seperti Adobe XD, Figma, atau Sketch.
  • Pembuatan prototipe interaktif dan uji coba desain.
  1. Uji Kegunaan:
  • Metode uji kegunaan dan pengumpulan umpan balik.
  • Analisis hasil uji kegunaan dan identifikasi masalah desain
  • Iterasi dan perbaikan desain berdasarkan umpan balik pengguna.
  1. Desain Interaktif dan Implementasi:
  • Prinsip desain interaktif dan animasi.
  • Integrasi desain dengan pengembangan front-end.
  • Kolaborasi dengan pengembang dan pemangku kepentingan.
  1. Studi Kasus dan Proyek Praktis:
  • Analisis studi kasus desain UI/UX yang sukses.
  • Proyek praktis untuk merancang dan menguji antarmuka pengguna.
  • Presentasi dan evaluasi proyek desain.

Tujuan Pelatihan

  1. Memahami prinsip dasar desain UI/UX, termasuk teori warna, tipografi, dan tata letak, serta bagaimana prinsip-prinsip ini memengaruhi pengalaman pengguna
  2. Menguasai berbagai alat desain dan prototyping seperti Adobe XD, Figma, atau Sketch, serta teknik untuk membuat wireframes dan prototipe yang efektif.
  3. Memahami cara melakukan penelitian pengguna untuk mengidentifikasi kebutuhan, preferensi, dan masalah yang dihadapi pengguna.\
  4. Menerapkan bagaimana melakukan uji kegunaan untuk mengumpulkan umpan balik dari pengguna dan menerapkannya untuk memperbaiki desain.
  5. Menciptakan Desain Interaktif

Jadwal dan Tempat Pelatihan

BulanMinggu IBandungMinggu IIJakartaMinggu IIIBandungMInggu IVYogyakartaMinggu VDenpasar
Januari2-49-1116-1823-2529-31
Februari5-713-1520-2227-29
Maret5-712-1419-2126-28
April2-48-916-1823-2529-30
Mei6-814-1620-2228-30
Juni4-611-1318-2025-27
Juli2-49-1116-1823-2529-31
Agustus6-813-1520-2227-29
September3-510-1217-1924-26
Oktober1-38-1015-1722-2429-31
November5-712-1419-2126-28
Desmber3-510-1217-1923-24

Harga Pelatihan

Offline

  • Public Training mulai dari 5.000.000 – 7.000.000 perorang
  • Inhouse Training mulai dari 850.000 perorang

Online

  • Public Training mulai dari 1.200.000 perorang
  • Inhouse Training mulai dari 600.000 perorang

Fasilitas Pelatihan

  • Sertifikat pelatihan
  • Expert Trainer
  • Coffee Break 2x
  • Lunch
  • Tempat training: minimal hotel bintang 3
  • Materi pelatihan dalam bentuk hard copy dan juga soft copy
  • ATK
  • Backpack exclusive
  • Jaket eksklusif (souvenir)
  • Dokumentasi

Views: 0