Training PR, Media Relations And Corporate Communication
Deskripsi Pelatihan
Public Relations (PR) memegang peranan penting dalam jalur corporate communication. Keberadaan PR tidak dapat dipisahkan dari aspek komunikasi lainnya seperti pemasaran, promosi, iklan dan penjualan. Mengingat pentingnya posisi PR ini, maka setiap perusahaan mutlak harus memiliki bagian PR karena bagian ini memegang peranan untuk dapat mem-publish hal-hal terkait dengan perusahaan/organisasi tersebut, agar masyarakat/public mengetahui eksistensi sebuah perusahaan/organisasi, “siapa”, “bagaimana”, keberadaan serta produk/jasa apa saja yang dihasilkan dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.
Oleh karenanya, diperlukan SDM yang memiliki pengetahuan, pemahaman dan kemampuan menjalankan tugas kehumasan dengan baik sesuai prinsip dan standar kehumasan, serta menjalin relasi yang baik dengan media massa, karena media memiliki peranan penting dalam membentuk citra baik sebuah perusahaan di mata masyarakat dan kolega.
Materi Pelatihan
- Konsep Komunikasi Perusahaan (Corporate Communication) : Komunikasi & Pelayanan prima; Peran dan Manfaat Komunikasi bagi perusahaan; Karakter Pelayanan Perusahaan
- Perencanaan komunikasi perusahaan
- Jenis / macam model komunikasi
- Peranan Public Relations dalam perusahaan/organisasi: Fungsi dan peranan PR; Manfaat PR; Kedudukan PR dalam organisasi
- Dasar-dasar dan Strategi Efektif PR : Opini public; Teknik menyusun program PR yang efektif sesuai dengan kebutuhan komunitas dan publik terkait
- Perencanaan Kerja PR: Proses kegiatan PR; Langkah-langkah kegiatan; Hambatan – hambatan
- Management Crisis: Definisi krisis; Katagori krisis dan bentuknya; Manajemen Krisis dan Citra Perusahaan / organisasi; Penanggulangan Krisis; Masa dan setelah Krisis
- Corporate Image Identity: Membentuk opini public; Sifat dari opini public; Membentuk citra perusahaan/ lembaga / institusi
- Identifikasi audience expetation / stakeholder
- PR dan Marketing Service: Prinsip-prinsip dasar; Marketing Development Strategy; Marketing Communication Strategy
- Customer Behavior : Menentukan target audience; Karakteristik konsumen; Elemen dasar dari proses conditioning
- Mekanisme penyampaian informasi kepada publik dan stakeholder
- Pengenalan Berbagai jenis media, aktivitas media, karakter media
- Mengembangkan press relies dan Hubungan dengan Media (Media Relations)
- Media Relations, Press Release dan Pidato: Definisi dan kegiatan; Menulis Press Release; Jenis-jenis pidato; Pidato, format dasar – general model dan model rinci
- Press Conference – tindak lanjut Media Relations: Mengapa Press Conference; Beberapa ‘tipe’ penyelenggaraan; Aktifitas dalam Press Conference
- Media Control (ownership vs Control of Media)
- Teknik mengatasi miss comunication dan krisis komunikasi dengan stakeholder dan media
- Studi kasus dan diskusi
Tujuan Dan Manfaat Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu untuk mengetahui dan memahami :
- Peranan Public Relations, Media Relation dan Corporate Communication yang saling berhubungan satu sama lain dan sangat penting bagi perusahaan
- Peranan komunikasi perusahaan, mekanisme dalam penyampaian informasi dan berbagai aktivitas untuk menjalin komunikasi dengan media serta troubleshooting dalam corporate communication
- Keterampilan berkaitan dengan metode, konsep, strategi, serta teknik menjalin hubungan media untuk mendukung profesionalisme kerja
- Strategi menjalin relasi yang baik dengan media, dari konsep, strategi, sampai aplikasinya
- Technical guide (panduan teknis) terkait dengan media, baik media cetak & elektronik
- Tahapan dan strategi dalam menyusun program PR yang efektif sesuai kebutuhan komunitas dan publik terkait;
- Step dalam melakukan presentasi, press conference, & memiliki keterampilan menulis press release
- Komunikasi berbagai ide, melaksanakan rancangan program kepada berbagai kelompok masyarakat sasaran organisasi, dan menarik simpati untuk mendapatkan pengertian, pengakuan, dan dukungan publik.
Jadwal dan Tempat Pelatihan
Bulan | Minggu I
Bandung |
Minggu II
Jakarta |
Minggu III
Bandung |
MInggu IV
Yogyakarta |
Januari | 6-8 | 13-15 | 20-22 | 27-29 |
Februari | 3-5 | 10-12 | 17-19 | 24-26 |
Maret | 3-5 | 10-12 | 17-19 | 24-26 |
April | 7-9 | 14-16 | 21-23 | 28-30 |
Mei | 5-7 | 13-15 | 19-21 | 26-28 |
Juni | 2-4 | 9-11 | 16-18 | 23-25 |
Juli | 7-9 | 14-16 | 21-23 | 28-30 |
Agustus | 4-6 | 11-13 | 18-20 | 25-27 |
September | 1-3 | 8-10 | 15-17 | 22-24 |
Oktober | 6-8 | 13-15 | 20-22 | 27-29 |
November | 3-5 | 10-12 | 17-19 | 24-26 |
Desember | 1-3 | 8-10 | 15-17 | 22-24 |
Harga Pelatihan
Offline
- Public Training mulai dari 5.000.000 – 7.000.000 per orang
- Inhouse Training mulai dari 850.000 per orang
Online
- Public Training mulai dari 1.200.000 per orang
- Inhouse Training mulai dari 600.000 per orang
Fasilitas Pelatihan
- Sertifikat Pelatihan
- Expert Trainer
- Coffee Break 2x per hari
- Lunch 1x per hari
- Room meeting hotel minimal bintang tiga
- Materi pelatihan dalam bentuk hard copy dan juga soft copy
- ATK
- Backpack exclusive
- Jaket eksklusif (souvenir)
- Dokumentasi
- Laporan Pelatihan
- Pre and Post Test
Baca Juga : Training Powerful Presentation Skills
Instagram kami : https://www.instagram.com/takaartaguna/
Views: 0