Pelatihan CSR Promoting Conflict Prevention

Pelatihan CSR Promoting Conflict Prevention

 

Deskripsi

Konflik sosial kerap kali terjadi antara perusahaan dan masyarakat sekitar, bahkan sering kali menimbulkan gangguan pada operasional perusahaan atau bisa menimbulkan korban harta benda dan juga jiwa. Berbagai faktor menjadi akar masalah terjadinya konflik sosial, oleh karena itu pendekatan yang diperlukan adalah pendekatan menyeluruh, partisipatif dan berkelanjutan untuk memastikan keberlangsungan investasi perusahaan. Hal ini merupakan tugas dari perusahaan untuk mengurangi dan menangani potensi konflik yang berhubungan dengan sosial kemasyarakatan melalui salah satunya pembuatan program pemberdayaan masyarakat (program CSR) yang efektif, efisien dalam kerangka kehidupan masyarakat yang berkelanjutan. (CSR Promoting Conflict Prevention)

 

Analisis Resiko Sosial (Social risk)

  • Paradigma perubahan mendasar sistem keamanan perusahaan pasca reformasi.(CSR Promoting Conflict Prevention)
  • Pengenalan sistem sosial dan pendekatan ke  masyarakat.(CSR Promoting Conflict Prevention)
  • Mengidentifikasikan  kerentanan – kerentanan di masyarakat.(CSR Promoting Conflict Prevention)
  • Pemetaan potensi konflik pada tiap tahapan operasional perusahaan.(CSR Promoting Conflict Prevention)
  • Studi kasus 1 : kerentanan dan konflik perusahaan – masyarakat di wilayah lepas pantai.(CSR Promoting Conflict Prevention)

Model – model program pemberdayaan masyarakat

  • Teknik – teknik participatif menyusun program pemberdayaan
  • PRA (Participatory Rural Appraisal)
  • RRA (Rural Rapid Appraisal)
  • Analisis kepentingan  dan penerima manfaat
  • Penyusunan program pemberdayaan masyarakat untuk mitigasi konflik
  • Study kasus 2 : program pemberdayaan di masyarakat pesisir
  • Study kasus 3 : program pemberdayaan income generation
  • Study kasus 4: program pemberdayaan berbasiskan konservasi

Monitoring  program pemberdayaan masyarakat

  • Management program berbasiskan hasil.(CSR Promoting Conflict Prevention)
  • Penyusunan Grievance Mechanism.(CSR Promoting Conflict Prevention)
  • Best practice 5: Issues monitoring – SMART monitoring tools.(CSR Promoting Conflict Prevention)
  • Best practice 6: Radio Komunitas – sebagai media resolusi konflik.(CSR Promoting Conflict Prevention)

  • Mampu menganalisa kerentanan, potensi dan sumber konflik antara  masyarakat-perusahaan.(CSR Promoting Conflict Prevention)
  • Mampu menyusun konsep – konsep penyusunan program peberdayaan masyarakat guna mitigasi konflik.(CSR Promoting Conflict Prevention)
  • Menyusun program pemberdayaan masyarakat guna mempromosikan mitigasi konflik.(CSR Promoting Conflict Prevention)
  • Menyusun strategi program CSR pencegahan konflik yang tengah dihadapi oleh perusahaan.(CSR Promoting Conflict Prevention)

 

Jadwal dan Tempat Pelatihan

Bulan Minggu I 

Bandung

Minggu II 

Jakarta

Minggu III 

Bandung

MInggu IV

Yogyakarta

Januari 6-8 13-15 20-22 27-29
Februari 3-5 10-12 17-19 24-26
Maret 3-5 10-12 17-19 24-26
April 7-9 14-16 21-23 28-30
Mei 5-7 13-15 19-21 26-28
Juni 2-4 9-11 16-18 23-25
Juli 7-9 14-16 21-23 28-30
Agustus 4-6 11-13 18-20 25-27
September 1-3 8-10 15-17 22-24
Oktober 6-8 13-15 20-22 27-29
November 3-5 10-12 17-19 24-26
Desember 1-3 8-10 15-17 22-24

 

Harga Pelatihan

Offline

  • Public Training mulai dari 5.000.000 – 7.000.000 per orang
  • Inhouse Training mulai dari 850.000 per orang

Online

  • Public Training mulai dari 1.200.000 per orang
  • Inhouse Training mulai dari 600.000 per orang

 

Fasilitas Pelatihan

  • Sertifikat Pelatihan
  • Expert Trainer
  • Coffee Break 2x per hari
  • Lunch 1x per hari
  • Room meeting hotel minimal bintang tiga
  • Materi pelatihan dalam bentuk hard copy dan juga soft copy
  • ATK
  • Backpack exclusive
  • Jaket eksklusif (souvenir)
  • Dokumentasi
  • Laporan Pelatihan
  • Pre and Post Test

 

Baca juga : Pelatihan Document Control & Filling System

Instagram kami : https://www.instagram.com/takaartaguna/

Views: 7