ASPEK HUKUM EKSEKUSI BARANG JAMINAN DAN STRATEGI PENAGIHAN HUTANG

ASPEK HUKUM EKSEKUSI BARANG JAMINAN DAN STRATEGI PENAGIHAN HUTANG

Deskripsi Pelatihan

Aspek Hukum Eksekusi Barang Jaminan dan Strategi Penagihan Hutang kami deskripsikan sebagai berikut. Pemberian kredit/pembiayaan/pinjaman kepada para debitur merupakan salah satu produk utama dari perbankan/leasing/multifinance/modal ventura/lembaga pembiayaan non bank lainnya. Namun dalam praktiknya sering kali sebagian para debitur tidak memiliki kesadaran yang baik untuk membayar/ mengembalikan sendiri pinjamannya sesuai dengan kesepakatan yang telah dilakukan, sehingga account officer dan/atau field collector harus berperan aktif menanggulangi hal ini. Sebagian bahkan harus memiliki strategi efektif dalam melakukan aktivitas collection serta eksekusi atas barang jaminan (khususnya yang telah dipasang hak tanggungan) guna menyelamatkan dana milik perusahaan yang tersebar dan dipinjam oleh para debitur.

Selain harus memiliki strategi efektif dan melakukan eksekusi atas barang jaminan, para account officer dan/atau field collector juga harus memahami aspek hukum yang berlaku dengan baik agar dapat membantu/mempermudah penagihan dan mampu menghindari ”backfire” (bumerang) terhadap perusahaan yang diakibatkan oleh tindakan ”pelanggaran hukum” yang  mungkin sengaja atau tidak sengaja dilakukan account officer dan/atau field collector dalam  menjalankan aktivitas collection / penagihan.

Penjualan setinggi apapun yang dilakukan oleh perusahaan tidak akan berarti dengan baik apabila sistem penagihan hutang dan credit yang ada didalamnya tidak berjalan secara optimal. Perusahaan dituntut untuk dapat melakukan analisa calon pelanggan dan pelanggan tetap dengan baik. Mengetahui bagaimana karakter pelanggan dengan baik diharapkan mampu meminimalisir penjualan yang tidak tertagih.

 

Materi Pelatihan

  1. Definisi collection dan tugas field collector (baik secara teori maupun praktik)
  2. Disiplin proses collection
  3. Strategi Efektif Negotiation skill & Komunikasi efektif
    • Dasar Negosiasi
    • Persiapan dalam negosiasi
    • Proses negosiasi
    • Komunikasi efektif dalam negosiasi
  4. Strategi efektif (”jurus jitu”) dalam melakukan aktivitas collection
  5. Sanksi hukum perdata dan pidana terhadap debitur macet (”nakal”)
  6. Aspek hukum aktivitas collection
  7. Proses eksekusi hak tanggungan
  8. Teknik efektif dalam menghadapi LSM konsumen, dll
  9. Credit control
    • Analisa faktor resiko kredit, tingkat resiko dan exposure
    • Credit terms, limit dan scoring
    • Pemetaan Karakteristik pelanggan dan kepentingan strategi perusahaan
    • Analisa dengan laporan keuangan
    • Analisa tanpa laporan keuangan
    • Analisa kualitatif
  10. Collection strategy
    • Goal, strategy and process
    • Hubungan antara strategi penjualan dengan penagihan
    • Kebijakan serta Prosedur penagihan
    • Teknik dalam penagihan via telfon, surat dan kunjungan
    • Aspek Hukum
    • Pemahaman karakter pelanggan
      1. Tipe Pelanggan
      2. Strategi menghadapi beberapa karakteristik pelanggan
      3. Teknik menghadapi difficult customer
    • Tahapan efektif penagihan dan menghadapi keberatan pelanggan
    • Model pengukuran kinerja
  11. Studi kasus dan diskusi

 

Tujuan Pelatihan

  • Mengetahui dan mamahami definisi collection dan tugas-tugas field collector (baik secara teori maupun praktik)
  • Memahami konsep dan metode pengelolaan piutang
  • Mengetahui konsep dan strategi efektif (”jurus jitu”) dalam aktivitas collection (penagihan)
  • Mempraktekan disiplin proses collection dalam aktivitas penagihan sehari-hari, sehingga dapat membantu
  • Perusahaan memperbaiki kualitas kredit dan meningkatkan profit melalui penagihan intensif
  • Meningkatkan wawasan terkait aspek hukum terkait dengan aktivitas collection dan proses eksekusi hak tanggungan, sehingga dapat membantu dan mempermudah penagihan
  • Mengetahui, memahami dan mematuhi aspek hukum terkait aktivitas collection guna meminimalisir risiko tuntutan hukum dari para debitur

 

Jadwal dan Tempat Pelatihan

Bulan Minggu I 

Bandung

Minggu II 

Jakarta

Minggu III 

Bandung

MInggu IV 

Yogyakarta

Januari 6-8 13-15 20-22 27-29
Februari 3-5 10-12 17-19 24-26
Maret 3-5 10-12 17-19 24-26
April 7-9 14-16 21-23 28-30
Mei 5-7 13-15 19-21 26-28
Juni 2-4 9-11 16-18 23-25
Juli 7-9 14-16 21-23 28-30
Agustus 4-6 11-13 18-20 25-27
September 1-3 8-10 15-17 22-24
Oktober 6-8 13-15 20-22 27-29
November 3-5 10-12 17-19 24-26
Desember 1-3 8-10 15-17 22-24

 

Harga Pelatihan

Offline

  • Public Training mulai dari 5.000.000 – 7.000.000 per orang
  • Inhouse Training mulai dari 850.000 per orang

Online

  • Public Training mulai dari 1.200.000 per orang
  • Inhouse Training mulai dari 600.000 per orang

 

Fasilitas Pelatihan

  • Sertifikat Pelatihan
  • Expert Trainer
  • Coffee Break 2x per hari
  • Lunch 1x per hari
  • Room meeting hotel minimal bintang tiga
  • Materi pelatihan dalam bentuk hard copy dan juga soft copy
  • ATK
  • Backpack exclusive
  • Jaket eksklusif (souvenir)
  • Dokumentasi
  • Laporan Pelatihan
  • Pre and Post Test

 

Baca juga : ASPEK HUKUM PERANCANGAN PERUNDANG-UNDANGAN

Instagram kami : https://www.instagram.com/takaartaguna/

Views: 0