Audit Berbasis Risiko dan Pengelolaan Risiko Fraud Pada Bidang Operasional & Perkreditan

Audit Berbasis Risiko dan Pengelolaan Risiko Fraud Pada Bidang Operasional & Perkreditan

 

Deskripsi

Implementasi Internal Kontrol berbasis risiko pada Bidang Operasional dan Perkreditan Sebagai salah satu pertahanan dari manajemen bank dan lembaga keuangan, audit berperan penting untuk memberikan keyakinan memadai kepada manajemen atas aktivitas organisasinya. Selain sebagai bagian dari langkah perbaikan dan mitigasi, fungsi ini berperan untuk memberikan catatan penting agar ditindaklanjuti guna memperbaiki proses, wewenang, maupun aktivitas lainnya yang dipandang tidak sesuai dengan esensi bisnis dan pencapaian visi dan misi perusahaan. Selain audit, para kepala unit kerja (Head Customer Service, Head Teller, Manager Operasional, Manager Kredit dll) sebagai pemilik internal kontrol dibutuhkan pemahaman yang memadai agar seluruh transaksi sebelum dieksekusi telah diyakinkan sudah sesuai dengan SOP dan jika transaksi dieksekusi tidak sesuai SOP telah didukung dengan mitigasi risiko yang memadai. Penyempurnaan kompetensi pada auditor dan kepala unit kerja dapat diperoleh melalui kombinasi yang sangat erat pada bidang/segment audit berbasis risiko, yaitu secara khusus Audit Operasional dan Audit Kredit.

 

Materi Pelatihan

  • Audit Bidang Operasional
  1. Pengertian Audit Berbasis Risiko
  2. Pengertian Pengendalian Intern
  3. Perubahan paradigma Internal Audit
  4. Kerangka Kerja Internal Audit
  5. Evaluasi Penyusunan Program Audit Operasional
  6. Pelaksanaan audit Operasional dan Service berbasis risiko:
  7. Pengelolaan Kas dan Transaksi Teller
  8. Pembukaan dan Penutupan Rekening
  9. Pengelolaan dokumen dan surat berharga seperti: Buku Tabungan, PIN & Kartu ATM dan lain sebagainya
  10. Transaksi keuangan yang dilakukan oleh kuasa nasabah
  11. Transaksi nasabah yang dilakukan diluar bank
  12. Pelaksanaan operasional bank pada saat karyawan cuti/sakit/izin atau karyawan tidak masuk kantor secara mendadak
  13. Pengelolaan user id dan pengamanan password  
  14. Bedah kasus dan pencegahannya
  • Audit Bidang Perkreditan Sebagai Kunci Mencegah Kredit Bermasalah
  1. Internal Kontrol Kredit yang Efektif
  2. Prosedur Pemberian kredit
  3. Pelaksanaan audit kredit berbasis risiko terhadap:
  4. Keabsahaan data pendukung kredit
  5. Pelaksanaan trade cheking
  6. Keabsahan omset dan verifikasi mutasi rekening yang dianalisa
  7. Verifikasi usaha dan lokasi usaha
  8. Penilaian Jaminan oleh Internal maupun eksternal Appraisal
  9. Pemberian dan Pelaksanaan Disposisi/Persyaratan atau Covenant dari Komite Kredit
  10. Bedah Kasus dan Pencegahannya
  • Fraud Risk
  1. Pengertian Fraud
  2. Faktor Pemicu Fraud
  3. Empat Pilar Pengendalian Fraud

 

Tujuan Pelatihan

  1. Mencegah terjadinya fraud pada 2 (dua) sektor utama, yaitu bidang opersional dan bidang perkreditan.
  2. Mendeteksi kelemahan/kesalahan proses dan prosedur pada kedua sektor utama.
  3. Mengevaluasi proses pelaksanaan transaksi berbasis risiko pada bidang operasional guna mencegah timbulnya permasalahan seperti kehilangan fisik kas, penyalah gunaan surat-surat berharga, penggelapan dana nasabah dan permasalahan lainnya pada setiap kantor/cabang/unit kerja.
  4. Mengevaluasi aktivitas pada bidang perkreditan guna mencegah kredit bermasalah.
  5. Memberikan rekomendasi perbaikan guna mencegah terjadinya fraud dan temuan/permasalahan berulang.

 

Jadwal dan Tempat Pelatihan

Bulan Minggu I 

Bandung

Minggu II 

Jakarta

Minggu III 

Bandung

MInggu IV 

Yogyakarta

Januari 6-8 13-15 20-22 27-29
Februari 3-5 10-12 17-19 24-26
Maret 3-5 10-12 17-19 24-26
April 7-9 14-16 21-23 28-30
Mei 5-7 13-15 19-21 26-28
Juni 2-4 9-11 16-18 23-25
Juli 7-9 14-16 21-23 28-30
Agustus 4-6 11-13 18-20 25-27
September 1-3 8-10 15-17 22-24
Oktober 6-8 13-15 20-22 27-29
November 3-5 10-12 17-19 24-26
Desember 1-3 8-10 15-17 22-24

 

Harga Pelatihan

Offline

  • Public Training mulai dari 5.000.000 – 7.000.000 per orang
  • Inhouse Training mulai dari 850.000 per orang

Online

  • Public Training mulai dari 1.200.000 per orang
  • Inhouse Training mulai dari 600.000 per orang

 

Fasilitas Pelatihan

  • Sertifikat Pelatihan
  • Expert Trainer
  • Coffee Break 2x per hari
  • Lunch 1x per hari
  • Room meeting hotel minimal bintang tiga
  • Materi pelatihan dalam bentuk hard copy dan juga soft copy
  • ATK
  • Backpack exclusive
  • Jaket eksklusif (souvenir)
  • Dokumentasi
  • Laporan Pelatihan
  • Pre and Post Test

 

Baca juga : Training Analisa Ekonomi Makro

Instagram kami : https://www.instagram.com/takaartaguna/

Views: 4