Internet Banking

Training Internet Banking

Bank menjadi salah satu lembaga keuangan yang terpenting dalam perekonomian modern. Inovasi perbankan berbasis teknologi informasi di industri perbankan dewasa ini memberikan dampak efisiensi dan efektivitas yang luar biasa. Sebagai contoh, adanya produk-produk electronic banking seperti ATM, Kartu Kredit, Kartu Debet, Internet Banking, Sms/Mobile Banking, Phone banking dll, telah mendorong layanan perbankan menjadi relative tidak terbatas, baik dari sisi waktu maupun dari sisi jangkauan geografis. Pemanfaatan teknologi electronic/informasi bagi indsutri perbankan dalam inovasi produk jasa perbankan juga dibayang-bayangi oleh potensi resiko kegagalan system dan/atau resiko kejahatan electronic (cybercrime) yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Bank adalah lembaga kepercayaan, dalam menjalankan kegiatan electronic banking ( e-banking ) harus pula diselenggarakan dengan memperhatikan ketentuan maupun prinsip-prinsip kehati-hatian manajemen resiko terkait penyelenggaraan e-banking khususnya resiko reputasi dan resiko hukum. E-banking merupakan delivery channel dalam industry perbankan, dan hubungan keperdataan yang timbul terkait e-banking berupa hubungan rekening antara bank dan nasabahnya. Dalam hal ini, permasalahan hukum akan timbul apabila transaksi elektronik yang dilakukan gagal, siapakah yang harus bertanggung jawab terhadap kegagalan transaksi tersebut? Upaya perlindungan seperti apakah yang bisa dilakukan Bank selaku lembaga kepercayaan? Bentuk jaminan perlindungan apakah yang bisa diberikan kepada konsumen sebagai nasabah? Langkah-langkah manajemen resiko yang seperti apa yang harus dilakukan berdasarkan resiko reputasi dan resiko hukum? Pemahaman mengenai bentuk tanggung jawab dimulai dari adanya hubungan hukum yang terjadi antara kedua belah pihak dalam suatu perikatan. Hubungan hukum antara penyedia jasa dan konsumen ( nasabah ) pada akhirnya melahirkan suatu hak dan kewajiban yang mendasari terciptanya suatu tanggung jawab.

Deskripsi Pelatihan

Perkembangan teknologi yang sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir telah merevolusi cara layanan perbankan dan produk yang disampaikan kepada konsumen, usaha kecil dan demikian pula dengan perusahaan-perusahaan dan korporasi. Saat ini masyarakat telah terbiasa memanfaatkan cara kerja  Internet, Mobile- telepon dan Smartcard dan dalam kenyataannya telah banyak mengubah kehidupan kita.

Dunia perbankan di berbagai negara telah banyak diberikan janji oleh inovasi teknologi baru-baru ini yang bersifat inovatif serta progresif yang banyak dikenal sebagai e-banking / digital banking, dimana hal ini memiliki potensi yang besar dalam mengubah tata laksana kegiatan operasional perbankan baik dari segi proses , prosedur dan model bisnis.

Perubahan-perubahan ini menjanjikan peluang bisnis yang lebih luas bagi dunia perbankan, namun di sisi lainnya mereka telah secara dramatis beruba dan dalam beberapa kasus terjadi banyak peningkatan pada risiko tradisional terkait dengan aktivitas perbankan, meliputi:

  • Kecepatan yang luar biasa terkait pada perubahan yang berhubungan dengan inovasi teknologi dan layanan pelanggan ,
  • Jaringan elektronik terbuka yang bersifat global dan universal
  • Adanya integrasi aplikasi elektronik perbankan dengan sistem komputer (computer system legacy)
  • Semakin meningkatnya ketergantungan bank pada pihak ketiga yang menyediakan solusi teknologi informasi yang mendukung e-Banking

Materi Pelatihan

  1. E-Banking
    • Definisi internet
    • Konsep internet banking
    • E-mail dan cara kerjanya
    • Penggunaan e-mail
    • Internet Mailing Lists
    • Pengantar World Wide Web ( WWW )
    • Penggunaan Browser: Netscape and Explorer
    • Searching
    • Evaluating information
    • Learning Style
    • Volunteer Plan & Volunteer Opportunities
    • Explorer File Manager
    • Searching for Software
    • Downloading files & Virus Protection
    • Compressing & decompressing files
    • Encoding & decoding
    • Web pages – Introduction
    • Basic HTML
    • Web Editing & Web Page Design
    • FTP, Plug-ins
    • Offline Browsing
    • Shopping and selling on the Internet
    • Internet Banking, Getting connected & Evaluating a provider
  2. Konsep dan definisi e – Banking
    • Definisi e-Banking
    • Website Informational & Website Transaksional
    • Komponen e- Banking
    • e- Banking Tren & Arah
    • Pembayaran Retail
    • Pembayaran dalam lanskap global
    • Kemunculan  produk & Teknologi
    • Perkembangan Masa Depan
    • Transisi dari tradisional ke perbankan elektronik
    • Transisi e – Banking dalam ekonomi berkembang
  3. E – Banking Inovasi, Tren dan  Arah
    • Produk E – Banking dan isu-isu terkait
    • M – Pesa – Studi Kasus – Cara Kerja
    •  Dari M – Pesa ke Apple Bayar
    • Ponsel Sebagai Kunci Masa Depan Industri Perbankan
  4. Strategi & Model Manajemen Operasi
    • Kebutuhan pelanggan
    • Tujuan strategik Bank
    • Inovasi dalam e – Banking : Produk & Pengembangan Produk Life Cycle
  5. Manajemen Risiko e- Banking
    • Definisi Risiko di dalam e-Banking
    • Prinsip Manajemen Risiko menurut Bank for International Settlement
  6. Inovasi dalam e – Banking
    • Perkembangan E – Banking
    • Standar untuk Mobile Payment
    • Aplikasi dalam Mobile Banking
  7. Masa Depan Cabang Bank (Bank Branch)
    • Teknologi Menentukan Arah Kegiatan Operasional Perbankan
    • E – Banking / Perbankan Digital
    • Digital Banking Ditetapkan
    • Ciri Bank Paling Inovatif

Tujuan dan Manfaat Pelatihan

  1. Mengetahui dan memahami konsep global Internet Banking dalam lingkup dan kerangka Manajemen Sistem Informasi
  2. Meningkatkan kemampuan problem solving dalam kaitan bidang operasional layanan internet dalam operasi sehari- hari perbankan
  3. Memahami konsep dan alur sistem TI perbankan dengan menerapkan konsep dan filosofi Manajemen Sistem Informasi
  4. Mengetahui juga memahami layanan TI dan Internet Banking
  5. Mengetahui serta memahami proses penetapan langkah-langkah kinerja pada layanan perbankan
  6. Menemukan gagasan baru dalam pengembangan Sistem Informasi dan implementasinya terkait dengan layanan internet banking

 

Baca juga : https://takaartaguna.co.id/training-logistic-and-distribution-management/

 

Jadwal dan Tempat Pelatihan

Bulan Minggu I 

Bandung

Minggu II 

Jakarta

Minggu III 

Bandung

MInggu IV 

Yogyakarta

Minggu V 

Denpasar

Januari 2-4 9-11 16-18 23-25 29-31
Februari 5-7 13-15 20-22 27-29
Maret 5-7 12-14 19-21 26-28
April 2-4 8-9 16-18 23-25 29-30
Mei 6-8 14-16 20-22 28-30
Juni 4-6 11-13 18-20 25-27
Juli 2-4 9-11 16-18 23-25 29-31
Agustus 6-8 13-15 20-22 27-29
September 3-5 10-12 17-19 24-26
Oktober 1-3 8-10 15-17 22-24 29-31
November 5-7 12-14 19-21 26-28
Desmber 3-5 10-12 17-19 23-24

 

Harga Pelatihan 

Offline

  • Public Training mulai dari 5.000.000 – 7.000.000 perorang
  • Inhouse Training mulai dari 850.000 perorang

Online

  • Public Training mulai dari 1.200.000 perorang
  • Inhouse Training mulai dari 600.000 perorang

 

Fasilitas Pelatihan

  • Sertifikat pelatihan
  • Expert Trainer
  • Coffee Break 2x
  • Lunch
  • Tempat training: minimal hotel bintang 3
  • Materi pelatihan dalam bentuk hard copy dan juga soft copy
  • ATK
  • Backpack exclusive
  • Jaket eksklusif (souvenir)
  • Dokumentasi

 

Instagram kami : https://www.instagram.com/takaartaguna/

Views: 2