Non Performing Loan Management

Training Non Performing Loan Management

Non Performing Loan Management merupakan pelatihan yang didesain untuk peserta mengenai manajemen penyelesaian kredit bermasalah. Salah satu fungsi perbankan dan lembaga keuangan adalah sebagai lembaga intermediasi penyaluran fasilitas kredit baik kredit UKM, kredit Mikro, Kredit Konsumtif maupun kredit korporasi. Sesuai dengan peraturan BI, sebelum fasilitas kredit diberikan kepada debitur wajib dilakukan analisa kelayakan debitur untuk dibiayai terutama dari segi karakter, kelayakan bisnis, kondisi keuangan, prospek bisnis, agunan dan legalitas.

Oleh karenanya, analisa kredit merupakan faktor penting bagi Bank untuk mencegah Bank dari kredit bermasalah (NPL). Namun demikian karena pemberian kredit didasarkan pada data past performance dan proyeksi ke depan serta atas dasar kepercayaan, maka masih terdapat resiko kredit bermasalah dan macet. Kredit apabila sudah bermasalah maka harus segera diselesaikan baik dengan penagihan, pelunasan, penjualan asset/ jaminan, offset jaminan, restrukturisasi kredit dan litigasi.

Deskripsi Pelatihan 

Di dalam pelatihan ini peserta diberikan pemahaman secara komprehensif terkait Penyebab kredit bermasalah. Tanda-tanda kresit bermasalah;Deteksi Dini kredit yang berpotensi menjadi bermasalahLangkah-langkah awal penanganan kredit bermasalah;Aspek hukum kredit bermasalah;Aspek psikologis penagihan; Alternatif-alternatif penyelesaian kredit bermasalah, dll.

Materi Pelatihan  

  1. Penyebab kredit bermasalah;
  2. Tanda-tanda kresit bermasalah;
  3. Deteksi Dini kredit yang berpotensi menjadi bermasalah
  4. Langkah-langkah awal penanganan kredit bermasalah;
  5. Aspek hukum kredit bermasalah;
  6. Aspek psikologis penagihan;
  7. Alternatif-alternatif penyelesaian kredit bermasalah : pelunasan, penjualan agunana/asset, offset jaminan, restrukturisasi kredit dan litigasi;
  8. Decision Making untuk penyelesaian kredit bermasalah;
  9. Administrasi dan Dokumentasi;
  10. Negosiasi dan mediasi efektif;
  11. Studi kasus dan diskusi

Tujuan dan Manfaat Pelatihan 

  1. Mengetahui dan memahami proses pemberian kredit, monitoring dan deteksi dini kredit bermasalah;
  2. Mengetahui dan memahami proses pengambilan keputusan atas strategi penanganan kredit bermasalah;
  3. Mengetahui dan memahami pemenuhan aturan regulator terhadap penanganan kredit bermasalah;
  4. Memiliki tinjauan alternatif penyelesaian kredit melalui pihak ketiga (legal action).

 

Baca juga :

https://takaartaguna.co.id/training-teknik-dan-implementasi-pengelolaan-air-limbah/

 

Jadwal dan Tempat Pelatihan

Bulan Minggu I 

Bandung

Minggu II 

Jakarta

Minggu III 

Bandung

MInggu IV 

Yogyakarta

Januari 6-8 13-15 20-22 27-29
Februari 3-5 10-12 17-19 24-26
Maret 3-5 10-12 17-19 24-26
April 7-9 14-16 21-23 28-30
Mei 5-7 13-15 19-21 26-28
Juni 2-4 9-11 16-18 23-25
Juli 7-9 14-16 21-23 28-30
Agustus 4-6 11-13 18-20 25-27
September 1-3 8-10 15-17 22-24
Oktober 6-8 13-15 20-22 27-29
November 3-5 10-12 17-19 24-26
Desember 1-3 8-10 15-17 22-24

 

Harga Pelatihan

Offline

  • Public Training mulai dari 5.000.000 – 7.000.000 per orang
  • Inhouse Training mulai dari 850.000 per orang

Online

  • Public Training mulai dari 1.200.000 per orang
  • Inhouse Training mulai dari 600.000 per orang

 

Fasilitas Pelatihan

  • Sertifikat Pelatihan
  • Expert Trainer
  • Coffee Break 2x per hari
  • Lunch 1x per hari
  • Room meeting hotel minimal bintang tiga
  • Materi pelatihan dalam bentuk hard copy dan juga soft copy
  • ATK
  • Backpack exclusive
  • Jaket eksklusif (souvenir)
  • Dokumentasi
  • Laporan Pelatihan
  • Pre and Post Test

 

Instagram kami : 

https://www.instagram.com/takaartaguna/ 

Views: 3