New Paradigm : Procurement and Purchasing Management

Training New Paradigm : Procurement and Purchasing Management 

New Paradigm : Procurement and Purchasing Management merupakan hal yang sangat penting bagi penunjang kehidupan perusahaan.

Pengadaan  adalah  fungsi yang   bukan hanya sekedar melaksanakan peraturan  yang berlaku,  namun juga harus mempertimbangkan capaian  kinerja  perusahaan. Semua hal yang berhubungan dengan  peraturan internal maupun eksternal  yang berkaitan dengan sistem pengadaan  harus dipertimbangkan dengan baik.

Untuk mendapatkan klien atau  untuk bekerja sama dengan  supplier atau vendor tersebut memang bukan hal yang mudah. Terdapat beberapa kriteria ketika perusahaan memilih supplier atau vendor untuk pemenuhan kebutuhan mereka. Cara demikian ini lebih banyak dipilih perusahaan dibandingkan jika mereka  harus membeli sendiri secara terpisah di pasar.

Terlebih lagi dengan munculnya “paradigma baru” dalam pengadaan barang dan jasa, yaitu dengan telah terbitnya Perpres No.16 Tahun 2018, yang lengkap dengan tujuan, kebijakan umum, prinsip dan etika dalam pengadaan barang dan jasa.

Deskripsi Pelatihan 

Dalam Pelatihan ini peserta akan diberikan pemahaman secara komprehensif terkait Peranan Pengadaan Barang & Jasa bagi Perusahaan, Kegiatan pengadaan yang akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan/organisasi terkait dengan kepentingan startegisnya dalam upaya pencapaian visi dan misi, Upaya mendapatkan barang/jasa yang: tepat kualitas, tepat kuantitas, tepat waktu, tepat sumber, dan tepat harga, Pengantar Umum Pengadaan Barang & Jasa (Perpres No. 16 Tahun 2018), Maksud dan Tujuan Pengadaan Barang & Jasa, dll.

Materi Pelatihan  

  1. Peranan Pengadaan Barang & Jasa bagi Perusahaan;
  • Kegiatan pengadaan yang akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan/organisasi terkait dengan kepentingan startegisnya dalam upaya pencapaian visi dan misi.
  • Upaya mendapatkan barang/jasa yang: tepat kualitas, tepat kuantitas, tepat waktu, tepat sumber, dan tepat harga.
  1. Pengantar Umum Pengadaan Barang & Jasa (Perpres No. 16 Tahun 2018)
  • Maksud dan Tujuan Pengadaan Barang & Jasa
  • Ruang Lingkup dan Pemberlakuan Aturan Pemerintah tentang Pengadaan Barang & Jasa
  • Kebijakan Umum Pengadaan Barang & Jasa
  • Para Pihak Yang Terlibat Dalam Pengadaan Barang & Jasa
  • Alur Pikir Proses Pengadaan Barang & Jasa.
  1. Strategy & Policies Procurement, yang dikaitkan dengan adanya “Paradigma Baru” dalam Pengadaan Barang & Jasa (Perpres No. 16 Tahun 2018);
  • Ekosistem dalam Pengadaan Barang & Jasa
  • Prinsip-Prinsip Dasar Pengadaan Barang & Jasa
  • Etika Pengadaan Barang & Jasa
  • Proses  Procurement
  • Tujuan dan Batasan Dalam Perencanaan Pengadaan Barang & Jasa
  1. Procurement & Purchasing Plan
  • Menyusun Rencana Umum Pengadaan (RUP)
  • Penetapan Paket Pekerjaan
  • Penetapan Sistem Pengadaan Barang & Jasa
  • Penetapan Metode Pemilihan Penyedia Barang & Jasa
  • Penetapan Metode Penyampaian Dokumen Penawaran
  • Penetapan Metode Evaluasi Penawaran
  • Cara Penilaian Kemampuan Calon Penyedia
  • Penyusunan Jadwal Pelaksanaan Pemilihan Penyedia
  1. Teknik Penghitungan Owners Estimate (OE) / Harga Perkiraan Sendiri (HPS)
  • Definisi dan Makna OE / HPS
  • Kontrak Masa Lalu
  • Harga Pasar
  • Harga Proposal
  • Konsep Target Price
  1. Manajemen Pengadaan
  • Tahapan Pelaksanaan Pemilihan Penyedia
  • Jenis Kontrak dan Bukti Perjanjian
  • 10 Karakteristik Strategi Purchasing
  • Managing Biaya Value Chain
  • P – Q – F dalam Proses Bidding
  1. e-Procurement (Perpres No. 16 Tahun 2018)
  • Pengertian e-Procurement
  • e-Procurement Benefits
  • e-Procurement for Public Sector
  1. Vendor Evaluation & Criteria.
  • Pentingnya Seleksi Vendor
  • Proses Seleksi Vendor Baru
  • Kriteria Seleksi Vendor
  1. Negotiation Skill with Vendor & Resolving Conflict Technique
  2. Study Kasus

Tujuan dan Manfaat Pelatihan 

Setelah mengikuti pelatihan ini, perserta diharap mampu untuk:

  1. Memahami pentingnya pengelolaan pengadaan dan pembelian dilakukan secara professional.
  2. Memahami pengetahuan yang berkaitan dengan perencanaan, proses dan pengendalian pengadaan barang dan jasa, memahami struktur organisasi beserta tugas dan tanggung-jawab pengelola pengadaan, teknik penilaian dan kriteria pemilihan vendor.
  3. Meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan pengadaan dan pembelian barang dan jasa.

 

Baca juga : https://takaartaguna.co.id/training-financial-technology/

 

Jadwal dan Tempat Pelatihan

Bulan Minggu I

Bandung

Minggu II

Jakarta

Minggu III

Bandung

MInggu IV

Yogyakarta

Minggu V

Denpasar

Januari 2-4 9-11 16-18 23-25 29-31
Februari 5-7 13-15 20-22 27-29
Maret 5-7 12-14 19-21 26-28
April 2-4 8-9 16-18 23-25 29-30
Mei 6-8 14-16 20-22 28-30
Juni 4-6 11-13 18-20 25-27
Juli 2-4 9-11 16-18 23-25 29-31
Agustus 6-8 13-15 20-22 27-29
September 3-5 10-12 17-19 24-26
Oktober 1-3 8-10 15-17 22-24 29-31
November 5-7 12-14 19-21 26-28
Desmber 3-5 10-12 17-19 23-24

 

Harga Pelatihan 

Offline

  • Public Training mulai dari 5.000.000 – 7.000.000 perorang
  • Inhouse Training mulai dari 850.000 perorang

Online

  • Public Training mulai dari 1.200.000 perorang
  • Inhouse Training mulai dari 600.000 perorang

 

Fasilitas Pelatihan

  • Sertifikat pelatihan
  • Expert Trainer
  • Coffee Break 2x
  • Lunch
  • Tempat training: minimal hotel bintang 3
  • Materi pelatihan dalam bentuk hard copy dan juga soft copy
  • ATK
  • Backpack exclusive
  • Jaket eksklusif (souvenir)
  • Dokumentasi

 

Instagram kami : https://www.instagram.com/takaartaguna/

Views: 0