Training Professional Debt Collection Skills
PROFESSIONAL DEBT COLLECTION SKILLS – Dalam pelatihan ini, peserta akan diajak mempelajari teknik dalam meningkatkan efisiensi & efektivitas penagihan kredit melalui surat, telepon maupun berhadapan langsung.
Kemampuan komunikasi yang efektif, dalam menghadapi berbagai situasi penagihan sangatlah diperlukan dalam upaya mendukung kelancaran penagihan terkait. Selain itu, teknik berhadapan dengan debitur di telepon maupun langsung juga menjadi factor penting didalamnya.
Deskripsi Pelatihan
Efisiensi tim untuk dapat merealisasikan pelunasan seluruh tagihan dari semua debitur perusahaan, baik besar maupun kecil juga menjadi salah satu hal yang wajib untuk diperhatikan.
Salah satu implikasi situasi bisnis yang tidak menentu adalah kinerja kredit yang tidak memadai. Berawal dari inappropriate risk management strategy, perusahaan mengalami kerugian dalam penjualannya, berupa kredit yang tidak tertagih.
Materi Pelatihan
Principles Of Collection Management
- Collection / Payment Management adalah Sumber Competitive Advantage, Siklus Kredit.
- Manajemen Penagihan
- Penyebab Pelanggan Gagal Bayar
- Identifikasi Dini Gejala Gagal Bayar.
- Pengelompokan Debitur berdasar pada Itikad & Prospek Usaha.
- Proses Penyehatan Piutang
- Strategi Manajemen Penagihan
- Organisasi Fungsi Penagihan
- Collection Account per Effective Employee.
- Tujuan Proses Penagihan
- Strategi Penagihan berdasarkan Umur & Hasil.
- Penyelesaian Tagihan Bermasalah
- Metode Penagihan Utama,
- Peran & Tanggung Jawab Seorang Kolektor/Penagih,
- Praktek Kebijakan Penagihan.
Collection As Customer Service
- Aturan Main Dunia Bisnis: Beragam ‘Pemain Global’ telah Bersaing dalam Industri di Indonesia, Kalah dalam Persaingan.
- Aturan Baru Persaingan
- Aturan Baru Bisnis.
- Penyebab Pelanggan Berhenti
- Keuntungan Utama Pelanggan yang Puas.
- Pentingnya Service yang Baik
- Sudut Pandang yang Benar tentang Service dalam penagihan
- Dampak Sebuah Keluhan,
- Hal yang dilakukan oleh Collector yang dapat Membuat Kesal/Marah Customer,
- Prinsip Dasar Kesuksesan dalam penagihan.
- Group Assignment/Role Play.
Psychological Aspects In Collection Activity
- Dasar Menghadapi Debitur
- Memahami Manusia,
- Pola Perilaku Manusia,
- Dimensi Sosial,
- Tipologi Prilaku,
- Motivasi Dasar,
- Sifat-Sifat Dasar.
- Teknik Mengenal/Mengidentifikasi Tipe Kepribadian Customer: Body Language.
- Strategi mengatasi mental block saat melakukan penagihan.
Communication Styles & Practice In Collection
- Presentasi, Kegunaan Komunikasi, Faktor Terpenting Komunikasi.
- Strategi Bertemu / Menghadapi Customer
- Panduan Komunikasi Efektif: Tiru, Buat Nyaman, Pimpin.
- Role Play: Tipologi, TSP= Tiru, Samakan, Pimpin.
- Faktor yang memancing Emosi
- Perbedaan Fisik Bukan Selalu Tanda Emosi.
- Role Play 2: Emosional, Pembelajaran, Strategi Bertemu Customer.
Basic Telephone Skills In Collection
- Tantangan dalam Telecollection
- Bagaimana Sudut Pandang Pelanggan.
- Kelebihan dari Telecollection.
- Strategi menggunakan Telepon Secara Efektif:
- Kapan Menelpon,
- Struktur Telephone Call,
- Customer Perusahaan vs Individual,
- Penekanan Pentingnya Reputasi,
- Mendapatkan Janji Bayar,
- Strategi Mengatasi Keluhan,
- Mengakhiri Pembicaraan.
- Aktifitas Kelompok: Prinsip Telepon.
Managing Image & Impression In Telephone
- Penyebab Pelanggan Gagal Bayar.
- Panca Indera sebagai Alat Sensor,
- Otak Berfikir vs Kesan Tercipta.
- Maksimalkan Kesan, Empati vs Antipati.
- Prinsip Dasar Berkomunikasi Secara Empati.
- Situasi Penagihan : Script Untuk Tiap Strategy.
- Enam Jalur Utama Informasi Masuk ke Otak, Karakteristik Suara Sebagai Penentu: Teknik Pengaturan Suara, Tipe Gaya Komunikasi
Negotiation Skills In Collection
- Definisi dan Konsep Negosiasi
- Alur Negosiasi, Pemahaman Titik-Mula.
- Tahapan Perencanaan Sebuah Negosiasi.
- Tahapan dalam Proses Negosiasi: Sikap, Cara & Teknik Komunikasi.
- Hambatan-Hambatan dalam Negosiasi, Tipe Negosiasi, Ragam Situasi Negosiasi.
- Solusi Terhadap Keluhan.
Consultative Collection Techniques
- Tekni Negosiasi Dengan Negosiator yang Tangguh: Cooperative Strategies vs Cooperative Customer, Defensive Strategy vs Defensive Customer, Consultative Collection Techniques.
- Strategi Mengatasi Pelanggan yang Sulit: Teknik Menghadapi Pelanggan yang Sulit.
- Strategi Menangani Corporate Debitur: Problematika Corporate Debitur, Menghadapi Retail Debitur.
- Role Play Scenario: Empathy.
- Case Study and Discuss
- : Desk Negotiation, Empat Solusi Utama.
Tujuan dan Manfaat Pelatihan
- Merumuskan strategi dan sistem penagihan agar penagihan menjadi lebih efektif.
- Menginternalisasikan jiwa kolektor sebagai bagian dari servis pelanggan.
- Mengidentifikasi tipe kepribadian customer dalam penagihan.
- Menentukan teknik komunikasi yang efektif dalam penagihan.
- Mengefektifkan penagihan melalui telepon.
- Membentuk citra perusahaan agar penagihan melalui telepon menjadi lebih efektif.
- Mengaplikasikan teknik negosiasi dalam beragam situasi penagihan.
- Berhadapan dengan negosiator yang tangguh dan Corporate Debitur.
Baca juga :
https://takaartaguna.co.id/training-strategi-penagihan-hutang/
Jadwal dan Tempat Pelatihan
Bulan | Minggu I
Bandung |
Minggu II
Jakarta |
Minggu III
Bandung |
MInggu IV
Yogyakarta |
Januari | 6-8 | 13-15 | 20-22 | 27-29 |
Februari | 3-5 | 10-12 | 17-19 | 24-26 |
Maret | 3-5 | 10-12 | 17-19 | 24-26 |
April | 7-9 | 14-16 | 21-23 | 28-30 |
Mei | 5-7 | 13-15 | 19-21 | 26-28 |
Juni | 2-4 | 9-11 | 16-18 | 23-25 |
Juli | 7-9 | 14-16 | 21-23 | 28-30 |
Agustus | 4-6 | 11-13 | 18-20 | 25-27 |
September | 1-3 | 8-10 | 15-17 | 22-24 |
Oktober | 6-8 | 13-15 | 20-22 | 27-29 |
November | 3-5 | 10-12 | 17-19 | 24-26 |
Desember | 1-3 | 8-10 | 15-17 | 22-24 |
Harga Pelatihan
Offline
- Public Training mulai dari 5.000.000 – 7.000.000 per orang
- Inhouse Training mulai dari 850.000 per orang
Online
- Public Training mulai dari 1.200.000 per orang
- Inhouse Training mulai dari 600.000 per orang
Fasilitas Pelatihan
- Sertifikat Pelatihan
- Expert Trainer
- Coffee Break 2x per hari
- Lunch 1x per hari
- Room meeting hotel minimal bintang tiga
- Materi pelatihan dalam bentuk hard copy dan juga soft copy
- ATK
- Backpack exclusive
- Jaket eksklusif (souvenir)
- Dokumentasi
- Laporan Pelatihan
- Pre and Post Test
Instagram kami :
Views: 4